Tips Membaca /Transfer Komik mykomics di iPad

iPad yang diproduksi oleh perusahaan komputer Apple, kini gampang kita jumpai diberbagai sudut kota besar. Di pusat perbelanjaan, coffee shop, serta kampus, banyak orang menenteng dan mengoperasikan komputer jinjing berbentuk tablet ini. Sesungguhnya fungsinya tidak banyak berbeda dengan laptop, hanya saja adanya aplikasi dan fitur-fitur baru menjadikan gadget ini sangat menantang untuk dimainkan. Tapi sayangnya, tidak banyak pengguna iPad yang mengetahui dan menjalankan fitur canggih yang ia miliki. Misalnya membaca buku atau komik melalui iPad. Sebab sungguh merupakan pengalaman yang mengagumkan membaca buku di iPad, sebagaimana menyenangkannya bermain games dipiranti berlayar sentuh ini. Karena salah satu fungsi iPad yang sangat populer adalah sebagai e-book reader yang dapat menyimpan ratusan ribu judul buku, tergantung kapasitas media penyimpannya.
Kungfu Boy, Detektif Conan, Tiger Wong, Tapak Sakti, Crayon Shinchan,  dll. Komik-komik itu sudah saya baca sejak kecil. Tidak mengejutkan tentu bahwa komik-komik populer tersebut kini juga hadir dalam format e-book. Namun, format file yang dipakai biasanya berbeda dengan e-book pada umumnya. Komik biasanya menggunakan format CBR, CBZ, ZIP, atau RAR dan Anda membutuhkan comic reader untuk membacanya.

Sekedar informasi, membaca komik di iPad tidak selamanya mengeluarkan biaya (membeli komik secara online), selain terserak ratusan judul komik gratisan di ibook store maupun di website "mykomics" kesayangan sobat, kita juga bisa memindahkan koleksi komik-komik favorit yang tersimpan di hardisk komputer desktop/laptop kita. Caranya sangat mudah. Langkah pertama, kita memerlukan aplikasi pembaca buku komik di iPad, “CloudReaders” untuk iPad. Ini gratis, jadi kita bisa langsung men-downloadnya. CloudReaders adalah salah satu comic reader terbaik untuk iPad. Aplikasi ini cuma-cuma alias free, tetapi sangat stabil. Rendering komik sangat cepat dan banyak format file yang didukung. Namun, aplikasi ini terbilang minim feature.
Setelah diinstal aplikasinya, maka kita bisa mulai men-download/men-transfer komik dari komputer ke IPad. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengisi komik kita dalam beberapa cara yang berbeda, seperti iTunes, WiFi atau FTP. Kami akan menunjukkan cara melakukannya dengan iTunes. 
  1. Sambungkan iPad ke komputer sebagaimana biasanya sync dengan iTunes. 
  2. Di iTunes, di sisi sebelah kiri, cari dan Pilih tab “Apps
  3. Scroll “File Sharing” ke bawah. Klik “CloudReaders” pada menu “Apps”.
  4. Dengan ikon “CloudReaders” yang di-highlight, sekarang kita dapat meng-upload komik ke iPad. Klik tombol “Add atau Tambah File...” di bagian bawah. Cari file komik di komputer kita dan klik “Choose atau Oke” tunggu beberapa saat sampai selesai.
  5. Komik harusnya secara otomatis melakukan sinkronisasi file dengan iPad. Sekarang kita dapat memutuskan koneksi iPad dari komputer. 
  6. Hampir selesai, jalankan aplikasi di CloudReaders pada iPad. Dari halaman muka, Sekarang setelah beberapa detik buku komik kita harusnya sudah tertransfer dan dapat ditemukan dari app. Selamat membaca komik di iPad Anda

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membaca /Transfer Komik mykomics di iPad"

Posting Komentar

"Silahkan Tinggalkan Komentar Sobat, Jika ada kesalahan pada Artikel Blog saya ini dan jika sobat punya saran untuk blog ini, Silahkan sobat tulis komentar dengan baik dan sopan :)".